4 Aplikasi Android Yang Membuat Belajar Kimia Itu Menjadi Mudah

09:22

Era perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat, tentunya sangat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan. Salah satu aspek tersebut adalah pendidikan. Dengan berkembangnya teknologi informasi membuat kemudahan bagi siapapun untuk mengakses infomasi dalam rangka memperkaya pengetahuan, tidak terkecuali guru dan siswa. Dalam dunia pendidikan saat ini, penggunaan buku ajar juga sudah beralih ke jenis BSE (Buku Sekolah Elektronik) atau lebih dikenal dengan nama buku digital. Peran BSE saat ini sangat penting dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Ketersediaan BSE memungkinkan semua siswa dapat mengakses buku teks pelajaran yang memenuhi standar kompetensi. Namun demikian penggunaan BSE dinilai masih belum dapat meningkatkan minat belajar siswa  secara signifikan.

Di era milenial seperti saat ini, tantangan bagi guru dalam mengajar tentu lebih besar. Sebagian besar sekolah di Indonesia saat ini membuat kebijakan dengan memperbolehkan siswanya untuk membawa gadget/handphone ke sekolah. Hal tersebut didasarkan kepada penggunaan gadget dalam rangka mempermudah siswa memperoleh informasi dari berbagai sumber diluar buku teks pelajaran. Penggunaan gadget di sekolah bukanlah sebuah permasalahan, namun sebuah tantangan bagi guru agar mampu memanfaatkan momentum tersebut untuk meng-upgrade teknik dan gaya belajar mengajar di kelas.  Pembelajaran aktif di era milenial tentunya dilakukan dengan memadukan teknologi  dengan gaya belajar siswa. 

Berikut ini kami rekomendasikan 4 aplikasi android agar memudahkan belajar kimia yang dapat diunduh di google play secara gratis.

1. Rumus Kimia Lengkap




Aplikasi android ini dibuat oleh jateapps yang dirilis pada akhir tahun 2016. Aplikasi tersebut memuat kumpulan ratusan materi dan rumus kimia untuk IPA SMP, kimia SMA dan perguruan tinggi. Terdapat lebih dari 230 materi kimia yang dikombinasikan ke dalam fitur aplikasi, yaitu: fitur pencari rumus kimia, fitur pencari materi, dan fitur tabel periodik. Semua materi tersebut dapat diakses secara offline.

Aplikasi android ini dibuat oleh electrif Lab yang dirilis pada pertengahan tahun 2016. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memudahkan perhitungan rumus kimia untuk SMP atau SMA. Hanya dengan memasukkan nilai yang diketahui  ke dalam kolom perhitungan yang disediakan, pengguna dapat dengan mudah mendapatkan hasil dari suatu perhitungan kimia.

3. Kimia



Aplikasi android ini dibuat oleh Denis Chaschin yang dirilis pada awal tahun 2011. Aplikasi tersebut memungkinkan pengguna menemukan hasil dari suatu persamaan reaksi atau menemukan kombinasi reaktan apabila diketahui hasil rekasi. Aplikasi ini dapat membantu dalam penyelesaian reaksi-reaksi organik dan anorganik. Reaksi yang ditemukan akan ditampilkan dalam bentuk biasa dan ionik.

Aplikasi android ini dibuat oleh oneapps.edu yang dirilis pada akhir tahun 2017. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini bertujuan untuk membantu pengguna mendapatkan arti atau definisi dari suatu istilah kimia. Kamus kimia ini berisi lebih dari 700 istilah kimia dan dapat diakses secara offline setelah aplikasi terinstal.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »